Langsung ke konten utama

strlen function vs sizeof function


          Aktivitas pemprograman yang menggunakan string akan sering sekali menggunakan fungsi strlen & sizeof dimana kedua fungsi ini biasanya akan mengembalikan nilai return berupa angka. Lalu apa yang di pass kedalam paramater masing-masing fungsi ini hingga mereka memberikan nilai kembalian berupa angka? Variabel Bertipe String! meski begitu kedua fungsi ini tidaklah sama!


          Fungsi strlen memiliki tugas untuk menghitung jumlah huruf atau karakter yang terdapat pada sebuah string(Untaian Karakter), sebagai contoh jika Anda hitung banyaknya karakter pada kata "Matahari" maka jawabanya adalah 8, seperti itulah kira-kira kegunaan dari fungsi strlen lalu bagaimana dengan funsi sizeof? fungsi sizeof hanya bertugas menghitung berapa kapasitas yang bisa di tampung variabel yang di pass ke dalam parameternya! Jika Anda memiliki selembar kertas dan di situ Anda hanya bisa menulis 10 karakter, maka 10 itu adalah kapasitas yang akan di beritahu oleh fungsi sizeof ini.

OK, cukup dengan teorinya! Mari kita mulai prakteknya silahkan Copas kode di bawah ini.


/*--------------------------------------------------------*/


#include <iostream>
#include <windows.h>
using namespace std;

int main(int argc, char* argv[])
{
    char szSource[10] = "nusa";
    cout << szSource << endl;
    cout << strlen(szSource) << endl;
    cout << sizeof(szSource) << endl;
    system("pause");
    return 0;
}


/*--------------------------------------------------------*/


          Sebagai awal pada Code diatas saya mendeklarasikan sebuah variabel bernama szSource dengan indeks sebanyak 10, lalu saya memanggil fungsi strlen & fungsi sizeof dan menampilkan hasil return keduanya ke layar, Saya rasa saya tidak perlu lagi menjelaskan yang akan terjadi karena Anda bisa melihat perbedaan kedua fungsi ini pada gambar berikut!





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.