Langsung ke konten utama

Macam-macam Tombol pembantu Pada Excel


  Untuk mempermudah berbagai pekerjaan dengan menggunakan Microsoft Excel pengguna(user) sebaiknya mampu mengetahui beragam tombol kombinasi yang dapat di gunakan untuk mempercepat berbagai instruksi dengan menggunakan tombol-tombol yang ada pada Keyboard sehingga Anda bisa bekerja dengan sedikit menggunakan mouse atau bahkan tanpa menggunakannya sama sekali. Baik mari kita mulai penjelasan fungsi dari beberapa tombol berikut:


1.) Tombol F2

  F2 ternyata memiliki fungsi untuk mengubah data  yang terdapat pada suatu Cell, jika sebelumnnya Anda biasa men-doubleclick suatu Cell(Misalnya Cell A3) untuk mengubah data yang ada di dalamnya, Kini cobalah menggunakan Tombol F2 ini, maka Anda akan lebih mudah melakukan intruksi yang sama.

2.) Ctrl + Arrow(Atas,Bawah,Kiri,Kanan)

  Penggunaan Ctrl + Arrow bisa membantu Anda untuk berpindah dari awal Baris/Kolom ke Akhir Baris/Kolom. Jika Anda ingin berpindah dari dari awal baris ke akhir baris anda bisa menggunakan Ctrl + Arrow(Bawah,Atas), dan jika Anda ingin berpindah dari Awal Kolom ke akhir Kolom maka gunakan Tombol Kombinasi Ctrl + Arrow(Kanan,Kiri). Jika pada suatu table data ada salah satu kolom atau baris data yang kosong maka Excel akan menganggapnya sebagai akhir dari baris.

3.) Ctrl + PageDown & Ctrl +PageUp

  Dua Tombol Kombinasi ini biasa digunakan untuk berpindah Sheet yang ada pada File Excel Anda, Misalnya Anda sedang berada pasa Sheet 1 dan ingin Pindah ke Sheet 3. Maka Anda bisa menggunakan Tombol Kombinasi ini, Anda hanya harus ingat bahwa Ctrl + PageDown akan membuat Anda berpindah ke Sheet sebelah Kanan sedangkan Ctrl + PageUp akan berpindah ke Sheet sebelah Kiri.

4.) Alt + Tab

  Sebenarnya Tombol Kombinasi ini digunakan secara umum, atau bisa di gunakan pada Aplikasi GUI apapun yang sedang Running, Fungsinya adalah untuk berpindah dari Jendela Program yang satu ke program yang lainnya. Misalnya terdapat dua buah jendela aktif pada Layar Desktop Anda yaitu Microsoft Excel & Microsoft Word. Anda dapat berpindah antar jendela program ini tanpa harus bersusah paya menarik mouse lalu mengkliknya, tinggal gunakan saja Tombol Kombinasi Alt + Tab.


5.) Alt + F4

  Jika Anda merasa lelah dan ingin menutup file yang sedang di kerjakan, maka tombol Kombinasi Alt + F4 ini akan sangat membantu di mana tombol kombinasi ini berfunsi untuk menutup(Close) jendela aplikasi yang sedang Anda gunakan. Namun jika Anda membuka beberapa file Excel sekaligus maka semua jendela itu akan di tutup secara bersama-sama.

6.) Alt

  Jika Anda memerlukan beberapa fasilitas yang ada pada menubar, maka anda bisa mengaksesnya dengan tombol Alt ini, secara default menu yang akan terpilih adalah Menubar paling kiri(File) untuk  mengakses menu lain seperti menu Edit misalnya, Anda tinggal menggunakan tombol Arrow kiri atau kana, dan tombol Arrow Atas atau Bawah untuk mengakses menu Dropdown yang ada.



  Itulah beberapa tombol yang setidaknya sering saya gunakan dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan kantor, dan mungkin Anda bertanya-tanya kenapa tidak ada penjelasan mengenai tombol-tombol kombinasi seperti Ctrl + S, Ctrl + B dan sebagainya. Sejujurnya Saya ingin saja menjelaskan itu semua tapi saya tidak mau Artikel yang saya buat ini menjadi terlalu Panjang. Karena itu saya membuat Penjelasan mengenai Ctrl + S, Ctrl + B beserta teman-temanya pada artikel yang lain, Atau di bawah ini!








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Error Pada Array

  Ketika saya baru mempelajari mengenai array , banyak error yang saya temui dalam penggunaannya. Selalu ada saja  pesan error yang di keluarkan oleh si Compiler mengenai penulisan kode program yang saya buat. Terutama ketika akan  memberikan nilai ke dalam Array atau saat hendak mencetak nilainya ke layar.   Karena itu pada artiketl yang kedua ini yang merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya kita akan membahas mengenai error yang terjadi saat mempergunakan Array, guna untuk menghilangkan jenuh pikiran para Programer muda yang masih terkendala dengan beberapa error yang sering terjadi.