Langsung ke konten utama

Setting IP Address dengan CMD

Sebelumnya saya ingin minta maaf karena untuk pembahasan setting IP Address yang tampaknya begitu sepele tetapi saya harus berkomentar begitu banyak.Ya, karena ini juga menyangkut pandangan ribadi saya mengenai penggunaan CMD/Command Promt yang menurut sebagian orang sangat rumit, padahal dengan ini  kita mendapatkan berbagai keuntungan tersendiri seperti penggunaan memory yang tidak terlalu besar, memperkecil resource yang di gunakan, kemampuan dalam mengubah-ubah berbagai setting yang ada tanpa keterbatasan(Jika Legal), dan tentu saja yang paing saya sukai adalah saya menjadi terlihat keren di hadapan teman-teman saya walaupun saya hanya menggunakan CMD/Command Promt untuk sekedar mengcopy file ke  FlashDisk. Ok mari kita kembali pada pembahasan IP Address ini.
Mensetting IP Address dapat dilakukan melalui 2 cara, 2 gaya atau istilah apapun yang mengacu pada hal tersebut! Anda tentu sudah biasa mengganti alamat IP dengan tampilan GUI, namun saya yakin bagi para maniak Command Promt akan lebih menyukai cara yang kedua ini yaitu dengan mengetikan baris perintah pada layar hitam bertabur teks-teks putih(CMD). Apa pentingnya mensetting IP Address melalui CMD/Command Promt? Bukankah itu agak sedikit rumit dan melelahkan terlebih lagi terkadang, User harus mengetikan baris berintah yang begitu panjang! Saya katakan pada Anda secara tegas bahwa memanage sistem komputer dengan menggunakan Baris Perintah adalah sesuatu yang amat penting, misalnya saja seorang Administrator yang ingin mengganti alamat IP Address sebuah komputer secara remote, maka hal ini hanya bisa di lakukan dengan menggunakan baris perintah, tidak bisa dengan GUI!

Atau jika salah satu dari para pembaca yang suka menggunakan Metasploit untuk mendapatkan akses Command Promt dari komputer lainnya, sudah pasti Anda membutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai baris perintah yang berlaku entah itu untuk sekedar melakukan hal-hal iseng atau lainnya. Itu semua saya kembalikan kepada Anda, Perhatikan gambar di bawah ini!








Pada contoh di atas yang ingin mengganti alamat IP saya yang tadinya beralamat 172.18.19.4 menjadi 192.168.1.44, untuk melakukan perubahan pada IP Address, Saya terlebih dahulu mengetikan perintah "netsh", setelah itu di bawahnya akan tampil teks baru bertuliskan "netsh>", jika sudah Anda bisa melanjutkannya dengan mengetikan perintah interface ip set address="Local Area Connection" static 192.168.1.44 255.255.255.0 192.168.1.1


Berikut keterangan dari baris perintah di atas:
1.) 192.168.1.44   = IP Address yang ingin di gunakan oleh User
2.) 255.255.255.0 = Subnetmask yang berfungsi untuk memutuskan mana yang merupakan network
                                 address
3.) 192.168.1.1     = Default Gateway yang berfungsi sebagai gerbang atau pintu keluar
                                sehingga komputer anda dapat menggunakan Akses internet


Sebenarnya perintah di atas juga bisa di gunakan dengan mengetikan perintah seperti berikut netsh int ip set address="Local Area Connection" static 192.168.1.44 255.255.255.0 192.168.1.1, tidak jauh berbeda dengan yang pertama bukan!








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.