Langsung ke konten utama

Melihat History Akun Pada Accurate


          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.


          Selain itu fungsi History ini akan sangat menguntungkan jika anda melakukan kesalahan penginputan akun untuk suatu transaksi, misal anda menginputkan transaksi pembayaran biaya jasa servie AC/Peralatan ke dalam akun perawatan peralatan, padahal seharusnya anda memasukan itu ke dalam akun Jasa Servie, memang jika kesalah itu cuma anda lakukan pada satu akun maka tidak akan ada masalah anda bisa langsung menggantinya, namun bagaimana jika kesalahan tersebut sudah anda lakukan dari awal bulan, maka akan ada begitu banyak transaksi yang harus di ganti dan itu tidak akan mudah di lakukan bila tidak menggunakan menu History ini.

          Kini saya akan langsung menuju kepada cara penggunaan menu History!

1.) Masuk ke COA atau Chart Of Accounts dengan cara klik menu List -> Char Of Accounts.



2.) Jika tampilan COA sudah muncul, pilih akun yang ingin anda lihat pada contoh kali ini saya ingin melihat history dari akun 'Piutang Lain-lain', klik kanan lalu pilih 'History'.



3.) Lalu akan muncul semua transaksi yang berpengaruh pada akun Piutang Lain-lain ini! Tunggu dulu, kok saya tidak bisa melihat transaksi apapun!! Apa yang terjadi?



4.) Jangan panik! ini bukanlah hal yang perlu anda khawatirkan, sebenarnya ini adalah hal biasa dimana accurate akan memfilter transaksi berdasarkan tanggal yang anda input, misal jika anda sedang mengerjakan Laporan keuangan tahun 2012, sedangkan saat ini adalah tahun 2013. Maka Accurate hanya akan menampilkan semua transaksi yang memiliki tanggal dengan tahun 2013. Apakah hal ini sebuah harga mati? tentu tidak, pengguna di berikan kebebesan untuk memfilter data yang ingin di tampilkan.

          Sebagai contoh, saya akan memfilter history dari akun Piutang Lain-lain ini antara tanggal 1 Jan 2012 hingga 31 Des 2012, pengaturan dapat di lakukan dengan mengatur awal & akhir periode yang ada di kiri bawah jendela Account History.



          Tentu setelah itu semua transaksi yang mengefek pada akun Piutang Lain-lain akan segera nongkrong di hadapan anda. Ya, memang ada tapi kok tidak semuanya! ada beberapa kaun yang saya inputkan tapi tidak nampak di sini. Jika Anda mengalami hal ini, coba pastikan terlebih dahulu apakah transaksi yang anda input benar-benar tahun 2012!


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.