Langsung ke konten utama

Error Pada Array

  Ketika saya baru mempelajari mengenai array, banyak error yang saya temui dalam penggunaannya. Selalu ada saja pesan error yang di keluarkan oleh si Compiler mengenai penulisan kode program yang saya buat. Terutama ketika akan memberikan nilai ke dalam Array atau saat hendak mencetak nilainya ke layar.

  Karena itu pada artiketl yang kedua ini yang merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya kita akan membahas mengenai error yang terjadi saat mempergunakan Array, guna untuk menghilangkan jenuh pikiran para Programer muda yang masih terkendala dengan beberapa error yang sering terjadi.


1. Error ketika menginput data

  Pada artikel sebelumnya saya sudah menunjukan bagaimana caranya menginputkan data pada array yaitu dengan menggunakan tanda kurung kurawal {} lalu memisahkan nilai pertama dan seterusnya dengan tanda koma(,) contohnya bisa di lihat pada potongan kode di bawah ini!

//
int a[4] = {3,4,5,8};
//
  Pada kode diatas bisa di katakan bahwa penulisan kode untuk menginput data sudah benar yaitu mendeklarasikan array di ikuti dengan penginputan nilai berupa angka yang menggunakan tanda kurung kurawal dan di pisahkan dengan tanda koma(,). Tapi anda tidak bisa menginputkan data dengan cara yang di tunjukan pada contoh kode program di bawah ini!

int a[4];
a[4] = {3,4,5,8};

  Mengapa bisa begitu? pada baris kedua dari kode diatas --> a[4]={3,4,5,8} <-- sebenarnya pada baris itu bisa di katakan anda sedang mengakses tumpukan ke 5 baik itu untuk menginputkan data atau untuk menampilkan data yang ada didalamnya! Apa, tumpukan Ke 5? Bukannya tumpukan ke 4? Ingat yang pernah saya katakan pada artikel sebelumnya bahwa tumpukan pertama dalam Array di akses dengan cara memberikan angka 0 sebagai indeksnya. Sehingga cara menginputkan data pada array akan mirip seperti menginputkan data pada variabel biasa. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh di bawah ini!

int a[4];
a[0] = 3;
a[1] = 4;
a[2] = 5;
a[3] = 8;

  Terlihat array dengan indeks 0 yaitu a[0] yang sama artinya dengan mengakses tumpukan pertama dari 4 tumpukan yang ada! Lalu array dengan ideks 1 yaitu a[1] berarti array terebut hendak mengakses tumpukan ke 2 dan bagitu seterusnya.

  Contoh lain yang menyebabkan kesalahan ketika proses penginputan data berupa string juga kerap terjadi, misalnya Anda mendeklarasikan sebuah Array bertipe char dengan indeks 5, maka Anda hanya bisa memasukan karakter sebanyak 4 karakter saja! Kenapa bisa demikian? karena khusus untuk Array bertipe Char di akhir data yang Anda input akan terdapat karakter null('\0'). Karakter inilah yang menandakan akhir sebuah string. Contoh:

char a[5] = "nusa";


2. Error ketika memanggil data

  Error yang terjadi ketika memanggil data terkadang bisa di akibatkan  cara pemanggilannya maupun karena process penginputan data yang keliru. Saya hanya akan mencontohkan kesalahan yang pertama yaitu cara pemanggilan yang salah!


int a[2] = {3,6};
cout << a << endl;


  Pada contoh di atas penulisan kode untuk penginputan data sudah di lakukan dengan benar, namun penulisan kode untuk menampilkan datalah yang agak bermasalah, jika anda mengkompilenya memang tidak akan ada pesan error yang akan di keluarkan oleh si compiler namun, error akan nampak ketika program hendak menampilkan nilai yang terdapat pada array. Bukan angka 3 atau 6 yang di tampilkan, melainkan bilangan hexadesimal yang akan muncul di layar(Titandai dengan adanya 1 digit angka 0 dang 1 digit karakter x dari baris paling kiri). Contoh > 0x22ff60. Masalah ini terjadi karena array yang di panggil tanpa menggunakan indeks dan tanda kurung kotak tidak akan berisi nilai yang ada di dalamnya, melainkan hanya akan berisi alamat dari array tersebut! Bilangan hexadesimal yang muncul itulah yang merupakan alamat dari array yang telah di deklarasikan. Jadi untuk mengakses nilai yand ada di dalamnya anda harus menyertakan indeks agar program mengetahui bahwa kita ingin mengakses nilai yang ada pada tumpukan tersebut(Array).
Contoh:

cout << a[0] << endl;


  Sebagai tambahan, di akhir artikel ini saya akan sedikit melakukan percobaan pada array. Seandainya saja saya mendeklarasikan sebuah variabel bertipe int dengan mengisikan nilai 5 sebagai indeksnya! Apakah saya bisa memasukan lebih dari lima nilai? Akankah terjadi Error jika saya melakukan hal semacam itu? Untuk mengetahui jawabnya mari kita menuju ke TKP!


/*------------------------------------------------------*/
#include <iostream>
using namespace std;

int main(int argc, char* argv[])
{
   int a[5];
   a[5] = 1;
   a[6] = 3;
   a[7] = 7;
 
   cout << "Tumpukan ke-6 : " << a[5] << endl;
   cout << "Tumpukan ke-7 : " << a[6] << endl;
   cout << "Tumpukan ke-8 : " << a[7] << endl;
   system("pause");
   return 0;
}
/*------------------------------------------------------*/

  Coba Anda copas dan compile source code di atas dan anda akan mengetahui kebenarannya! Ternyata meski kita mendeklarasikan sebuah Array hanya untuk 5 tumpuk nilai, ternyata array itu masih mampu untuk menampung tumpukan lebih dari yang kita inginkan. Yah, ini adalah salah satu hal yang menurut saya patut di jadikan tambahan ilmu pengetahuan bagi Anda yang hendak mempelajari bahasa pemrograman C++. Ok cukup sekian pembahasan pada artikel yang kedua ini! namun kita akan melanjutkan pada artikel berikut tentang array, karena memang masih banyak hal yang harus Anda ketahui! Salam IT ..

- Array 1
- Array 2








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.