Langsung ke konten utama

Fungsi Di C++


Fungsi atau Function bisa di ibaratkan sebagai bagian dari badan program yang akan mengeksekusi perintah-perintah yang ada di dalamnya. Dalam sebuah program yang di buat dengan C++ atau bahasa pemprograman lainnya minimal harus memiliki satu fungsi sebagai fungsi utama. Apa fungsi utama pada C++? int main()!

Contoh:

//
#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
  int a= 5;
  cout << a << endl;
  system("pause");
  return 0;
}
//

Terlihat bahwa fungsi main merupakan fungsi utama dan satu-satunya pada contoh program di atas! Tunggu dulu tadi di katakan int main() merupakan fungsi satu-satun yang ada pada program! Apakah kita bisa menambahkan beberapa fungsi lagi pada program? Tentu saja! Menulis semua instruksi dalam fungsi main tidak akan bermasalah jika program yang di buat tidak terlalu kompleks. Namun akan menjadi sebuah malapetaka jika hal itu di lakukan untuk program-program yang lebih rumit. Misalnya saja kita ingin membuat sebuah program untuk menghitung luas bangun-bangun 2 Dimensi. Itu berarti kita harus membuat kode program yang mirip dengan rumus-rumus untuk menghitung luas bangun 2D seperti persegi panjang, segitiga, layang-layang, trapesium dan lainnya. Saya tidak bisa membayangkan jika semua instruksi itu di tulis di dalam funsi main. Pasti akan sangat merepotkan saat Saya hendak mencari error atau bug yang terjadi.

Kini kita akan mencoba membuat sebuah fungsi yang akan kita gunakan untuk menghitung luas persegi. Perhatikan Source Code berikut!

//
#include <iostream>
using namespace std;

int LuasPersegi(int nSisi)
{
    int Jawaban;
    Jawaban = nSisi * nSisi;
    return Jawaban;
}

int main()
{
    int nLuas;
    nLuas = LuasPersegi(4);
 
    cout << "Luas Bangun Persegi Adalah : " << nLuas << endl;
    cout << "Luas Bangun Persegi Adalah : " << LuasPersegi(5) << endl;
 
    system("pause");
    return 0;
}
//




Dari kode di atas terlihat bahwa saya mendeklarasikan sebuah fungsi baru yang bernama LuasPersegi(), fungsi inilah yang nantinya akan melakukan tugas menghitung luas persegi(Jika fungsi main() memanggilnya) yang untuk selanjutnya hasil dari perhitungan luas akan di kembalikan dengan fungsi return dan berakhirlah tugas fungsi LuasPersegi()!  Fungsi yang saya buat sangatlah sederhana karena itu hanya di gunakan sebagai contoh. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membuat suatu fungsi pada informasi dibawah ini!

1. Tipe data suatu fungsi
Pastikan Tipe data suatu fungsi yang kita buat sesuai dengan tipe data dari nilai return fungsi itu sendiri, karena pada contoh diatas saya mendeklariskan varibel "Jawaban" yang di gunakan sebagai nilai kembalian kedalam tipe data int, maka fungsi LuasPersegi() juga saya buat bertipe int, Jika seandainya variabel "Jawaban" anda buat kedalam tipe data float maka sebaiknya anda juga buat fungsi LuasPersegi() bertip float.

2. Parameter
Parameter bertugas sebagai tempat untuk input data yang nantinya semua itu akan di prosess oleh fungsi. Parameter berada diantara tanda kurung yang dalam contoh di atas adalah -->int nSisi<-- Anda bisa membayangkan Parameter ini layaknya bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat kue, sementara perintah-perintah yang ada di dalam badan fungsi(Diantara tanda kurung kurawal yaitu { dan }) merupakan mesin otomatis yang akan mengolahnya. Pada contoh di atas saya membuat sebuah parameter yang di gunakan untuk menampung nilai sisi suatu persegi. Tentu saja Anda bisa menambahkan beberapa parameter
lagi sesuai dengan kebutuhan.

3. Lokasi Pendeklarasian Fungsi
Fungsi yang Anda buat harus di deklarasikan sebelum fungsi main(berada di atas fungsi main) karena fungsi main tidak bisa memanggil suatu fungsi di deklarasikan setelahnya. Ini sama saja seperti Anda yang tidak bisa memanggil seseorang karena tidak mengetahui siapa namanya. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan Prototipe Function sehingga anda tetap dapat mendeklarisikan fungsi yang anda buat setelah fungsi main(). Namun itu akan saya bahas lain kali.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.