Langsung ke konten utama

Perintah Cmd | Penejelasan Detail

       Penggunaan baris perintah memang agak kurang menyenangkan bagi kebanyakan orang, tapi terkadang ada saja kondisi yang memaksa kita untuk menggunakannya mau tidak mau. Mari kita simak beberapa baris perintah sederhana yang mudah untuk di pelajari.



1.) cd

  Perintah ini di gunakan untuk berpindah antar direktori, kenapa hal yang merepotkan semacam ini harus di lakukan? Dengan berpindah direktori yang fikir akan jauh lebih mudah ketika sedang melakukan proses manajemen data seperti copy, paste, cut, delete atau attrib sekalipun! Meskipun ini bukanlah harga mati karena Anda masih bisa melakukan hal tersebut meski berada pada di rekroti yang berbeda. Saya akan contohkan pengunaan dari perintah ini.

/*-----------------------------------*/

C:\WINDOWS\>cd\                             /*Berpindah ke direktori paling atas*/
C:\>

C:\>\cd "Documents And Settings"              /*Berpindah ke direktori "Documents And Settings"*/
C:\Documents And Settings\>                /*Tanda kutip di gunakan untuk folder yang menggunakan spasi*/

C:\Documents And Settings\All Users\>cd ..     /*Berpindah ke direktori parent*/
C:\Documents And Settings\>

/*-----------------------------------*/

  Maaf jika contoh yang saya buat agak sedikit berantakan. Saya hanya ingin menjelaskan sedikit bagi Anda yang tidak tahu apa itu direktori parent. Direkstori parent merupakan di rektori yang berada 1 level lebih tinggi di bandingkan dengan direktori aktif di mana Anda berada. Pada contoh di atas Folder "All Users" yang merupakan direktori aktif, dan ia memiliki direktori parent yaitu direktori "Documents And Settings". Lalu apakah direktori "Documents And Settings" juga memiliki direktori parent? Ya, tentu saja ada! Yaitu direktori C:, perlu anda ketahui bahwa direktori C: ini juga adalah sebuah folder, atau yang sering juga di sebut sebagai folder system atau folder root dalam dunia Linux.


2.) chkdsk

  Perintah chkdsk berguna untuk melakukan pengecekan terhadap hardisk komputer yang error, misalnya suatu ketika komputer Anda tiba-tiba mati mendadak padahal PLN tidak sedang libur. Atau muncul layar biru dengan peringatan error pada hardware atau software. Hal-hal tersebut biasanya akan merusak file-file yang tengah kita gunakan. Ini di karenakan file tersebut tidak tertutup secara benar, karena komputer mati begitu saja tanpa ada peringatan atau peringatan yang datang tiba-tiba sebelum Anda sempat menyimpan semua hasil perkerjaan Anda. Hebatnya lagi perintah chkdsk juga bisa memperkirakan berapa banyak area di hardisk yang terkena Bad Sector. Untuk menggunakan perintah ini cukuplah mudah!




chkdsk   = Menjalankan perintah chkdsk secara read-only
chkdsk/f = Menjalankan perintah chkdsk tidak secara rean-only



  Penambahan paramter /f akan di gunakan chkdsk untuk melakukan scaning secara penuh. Biasanya proses pemerikasaan akan di lakukan saat botting windows. Terkadang proses pemeriksaan akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga Anda bisa melakukan kegiatan lain sembari menunggu.


3.) cls

  Gunakan perintah ini saat Anda merasa jenuh karena terlalu banyak teks yang pada Command Promt. Perintah ini akan membersihkannya untuk Anda dengan cepat!


4.) color

  Perintah ini akan memberikan sedikit hiburan bagi Anda pecinta Cmd, karena ia akan mengubah warna teks dan bangkroung pada Cmd sesuai selera. Ada 16 macam warna yang dapat di kombinasikan untuk memperoleh tampilan yang berbeda. Berikut daftar warna yang tersedia:

0 = Black     8 = Gray
1 = Blue     9 = Light Blue
2 = Green     A = Light Green
3 = Aqua      B = Light Aqua
4 = Red       C = Light Red
5 = Purple    D = Light Purple
6 = Yellow   E = Light Yellow
7 = White     F = Bright White

  Setiap warna di lambangkan dengan karakter yang ada pada bilangan Hexadesimal yaitu 0-F, gunakan kombinasi ini untuk mencipatakan tampilan yang uniq, berikut contoh penggunaannya!

color 0a = Menggunakan warna hitam sebagai background dan warna Light Green sebagai warna teks
color 09 = Menggunakan warna hitam sebagai background dan warna Light Blue sebagai warna teks
color F4 = Menggunakan warna putih sebagai background dan warna Merah sebagai warna teks


5.) copy

  Sesuai namanya perintah ini di gunakan untuk mengcopy atau menduplikasi suatu file. Meski terkadang menggunakan perintah ini kurang nyaman karena harus mengetikan lokasi file awal beserta namanya terlebih dahulu kemudian di ikuti lokasi baru tempat file tersebut. Namun penggunaan perintah ini tetap membuat Anda tampak kerena, karena banyak orang yang akan heran melihat anda tengah astiknya memainkan keyboard.


/*-----------------------------------*/
C:\>copy  file.txt  file-copy.txt                    /*Melakukan copy file yang berada di Drive C:*/
C:\>copy  D:\file.txt  C:\windows\file.txt    /*Melakukan copy file yang berada di Drive D: ke Drive C:*/


/*-----------------------------------*/














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.