Langsung ke konten utama

Contoh Penggunaan Fungsi Di C++(Bagian A.1)


          Penggunaan fungsi yang akan di bahas kali ini akan Saya coba untuk diterapkan ke dalam bidang matematika terutama dalam menghitung luas bangun 2 Dimensi seperti Persegi, Segitiga, layang-layang, trapesium dan lainnya. Pembuatan dan penjelasan kode program akan di lakukan secara bertahap agar Anda bisa memahami dan mengembangkan program ini menjadi jauh lebih baik lagi. OK, mari kita mulai dari tahap pertama.

Tahap 1

/*------------------------------------------------*/

#include <iostream>
using namespace std;

int nLuasPersegi(int s)
{
    int nValue = s*s;
    return nValue;
    }




int main(int argc, char* argv[])
{
    int nSisi = 9;
    cout << nLuasPersegi(nSisi) << endl;
    system("Pause");
    return 0;
    }

/*------------------------------------------------*/


          Dari kode program di atas Anda bisa melihat bahwa terdapat 2 fungsi bernama fungsi "main" dan "nLuasPersegi". Namun perlu di ketahui bahwa dalam satu program hanya ada satu fungsi yang bertindak sebagai fungsi utama. Pada bahasa C/c++ fungsi tersebut bernama fungsi "main". Segala intruksi yang ada hanya bisa di panggil dari fungsi ini.

          Oke, apa penjelasan Saya sudah mulai membuat Anda bingung? Kalau begitu mari kita memulai dari sesuatu yang lebih simpel yaitu fungsi nLuasPersegi(). Fungsi ini memiliki satu parameter bertipe int. Jika Anda tidak tahu apa itu parameter, coba anda lihat variabel yang di deklarasikan di dalam tanda kurung di sebelah fungsi nLuasPersegi. "int s" ini merupakan parameter yang akan berfungsi untuk menerima data yang di inputkan oleh Sang Pencipta Program(Programmer) untuk di proses. Tentu saja data yang di inputkan harus sesuai dengan tipe data dari paramter ini.

          Coba perhatikan pada fungsi utama di ia mencoba memanggil fungsi nLuasPersegi() dengan menginputkan variabel nSisi yang bertipe int. Karena variabel yang di inputkan sesuai dengan parameter dari fungsi nLuasPersegi(), maka fungsi ini akan langsung memproses data sesuai dengan fungsinya. Fungsi nLuasPersegi() ini saya buat agar menggunakan nilai yang ada pada parameternya sebagai panjand sisi suatu persegi. Kemudian hasil perkalian ini di tampung pada variabel nValue dan kemudian di return.

          Nilai variabel nValue yang di return inilah yang akan menjadi nilai dari fungsi nLuasPersegi(), sehingga seolah-oleh nLuasPersegi() itu seperti variabel yang menyimpan data berupa nilai yang di return. Berikut hasil dari compile dari kode program di atas.

#Fungsi persegi





          Berikutnya Saya akan membuat program dengan banyak fungsi, di mana setiap fungsi akan memiliki kemampuan tersendiri, ada yang untuk menghitung luas persegi panjang, segitiga, jajargenjang, linkaran, layang-layang. Dimana Anda akan diminta untuk menginputkan data yang di butuhkan seperti panjang atau lebar sisi, tinggi, jari-jari dan sebagainya saat sedang berjalan. Jangan heran jika kode program yang akan saya tulis ini agak sedikit panjang, karena  program ini menuntut fungsi yang lebih banyak!

/*------------------------------------------------*/



#include <iostream>
using namespace std;

float nLuasPersegiPanjang(float nPanjang, float nLebar);
float nLuasLingkaran(float nJari);
float nLuasSegitiga(float nTinggi, float nAlas);
float nLuasLayang(float nDiagonal1, float nDiagonal2);
float nLuasJajargenjang(float nTinggi, float nAlas);

int main(int argc,char* argv[])
{
    int nPilihan;
    Awal:
    system("cls");
    
    cout << "==================================" << endl
         << "+     Program Penghitung Luas    +" << endl
         << "==================================" << endl << endl
         << "1.) Luas Persegi Panjang" << endl
         << "2.) Luas Lingkaran" << endl
         << "3.) Luas Segitiga" << endl
         << "4.) Luas Layang-Layang" << endl
         << "5.) Luas Jajargenjang" << endl
         << "6.) Keluar Dari Program !!" << endl << endl
         << "Pilih luas bangun yang ingin di hitung: ";
    
    cin >> nPilihan;
    
    switch(nPilihan)
    {
       case 1:
            
            float iPanjangPerPan, iLebarPerPan;
            system("cls");
            cout << "==================================" << endl
                 << "+  Mencari Luas Persegi Panjang  +" << endl
                 << "==================================" << endl << endl
                 
                 << "Masukan panjang sisi bangun  : ";
            cin  >> iPanjangPerPan;
            cout << "Masukan lebar sisi bangun    : ";
            cin  >> iLebarPerPan;
            cout << endl << endl;
            cout << "Luas Bangun : " << nLuasPersegiPanjang(iPanjangPerPan,iLebarPerPan) << endl;
            system("Pause");
            goto Awal;
            break;
       
       case 2:
            float iJari;
            system("cls");
            cout << "==================================" << endl
                 << "+     Mencari Luas Lingkaran     +" << endl
                 << "==================================" << endl << endl
                 
                 << "Masukan panjang jari-jari lingkaran : ";
            cin  >> iJari;
            cout << endl << endl;
            cout << "Luas Bangun : " << nLuasLingkaran(iJari) << endl;
            system("Pause");
            goto Awal;
            break;
            
       case 3:
            float iTinggi, iAlas;
            system("cls");
            cout << "==================================" << endl
                 << "+     Mencari Luas Segitiga      +" << endl
                 << "==================================" << endl << endl
                 
                 << "Masukan ukuran tinggi bangun : ";
            cin  >> iTinggi;
            cout << "Masukan ukuran alas bangun   : ";
            cin  >> iAlas;
            cout << endl << endl;
            cout << "Luas Bangun : " << nLuasSegitiga(iTinggi,iAlas) << endl;
            system("Pause");
            goto Awal;
            break;
            
       case 4:
            float iDiagonal1, iDiagonal2;
            system("cls");
            cout << "==================================" << endl
                 << "+    Mencari Luas Layang-Layang   +" << endl
                 << "==================================" << endl << endl   
                 
                 << "Masukan ukuran diagonal pertama : ";
            cin  >> iDiagonal1;
            cout << "Masukan ukuran diagonal kedua   : ";
            cin  >> iDiagonal2;
            cout << endl << endl;
            cout << "Luas Bangun : " << nLuasLayang(iDiagonal1, iDiagonal2) << endl;
            system("Pause");
            goto Awal;
            break;
       
       case 5:
            float iJTinggi, iJAlas;
            system("cls");
            cout << "==================================" << endl
                 << "+   Mencari Luas Jajar Genjang   +" << endl
                 << "==================================" << endl << endl   
                 
                 << "Masukan ukuran tinggi bangun : ";
            cin  >> iJTinggi;
            cout << "Masukan ukuran alas bangun   : ";
            cin  >> iJAlas;
            cout << endl << endl;
            cout << "Luas Bangun : " << nLuasJajargenjang(iJTinggi,iJAlas) << endl;
            system("Pause");
            goto Awal;
            break;
       
       case 6:
            break;
            
       default:
             
             system("cls");
             cout << "=============================================" << endl   
                  << "+ Pilihan yang Anda ambil tidak tersedia !! +" << endl
                  << "=============================================" << endl
                  << endl;
             system("Pause");
             goto Awal;
            
            }
     return 0;
}


float nLuasPersegiPanjang(float nPanjang, float nLebar)
{
    float nReturn = nPanjang*nLebar;
    return nReturn;
    }

float nLuasLingkaran(float nJari)
{
    const float nV = 3.14;
    float nReturn = nV*nJari*nJari;
    return nReturn;
    }

float nLuasSegitiga(float nTinggi, float nAlas)
{
    float nReturn = (nTinggi*nAlas)/2;
    return nReturn;
    }

float nLuasLayang(float nDiagonal1, float nDiagonal2)
{
    float nReturn = (nDiagonal1*nDiagonal2)/2;
    return nReturn;
    }

float nLuasJajargenjang(float nTinggi, float nAlas)
{
    float nReturn = nTinggi*nAlas;
    return nReturn;
    }





/*------------------------------------------------*/















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.