Langsung ke konten utama

Menangani Eclipse Force Quit

Tidak biasanya saya menjalankan eclipse di mesin ubuntu. Berhubung saya telah membeli notebook baru, maka saya install saja notebook tersebut dengan OS Ubuntu. Iseng-iseng ingin mencoba membuat aplikasi Android di mesin linux, tanpa basa basi saya langsung install ADT Bundle yang merupakan sebuah paket untuk mengembangkan aplikasi Android yang terdiri dari SDK Android dan IDE eclipse.


Sialnya terdapat bug yang menyebabkan IDE eclipse tiba-tiba menutup dengan sendirinya. Saya kira ini hanya kesalahan sistem yang kadang terjadi, ternyata hal tersebut terus berulang setiap kali saya mencoba mengetikan kode program. Terutama ketika anda ingin menggunakan auto complete untuk memanggil suatu method pada suatu objek.

Awalnya agak kesulitan karena tidak ada pesan error! Hanya tiba-tiba si eclipse ini hilang di depan mata. Saat mengeksekusi file launcher eclipse dari terminal baru ada "catatan error" dan untuk melihat lengkapnya ternyata catatan tersebut ada di lokasi tepat dimana file launcher eclipse singgah.


Kira-kira pesan seperti ini :

#
# A fatal error has been detected by the Java Runtime Environment:
#
#  SIGSEGV (0xb) at pc=0x60ab786d, pid=5322, tid=3075868416
#
# JRE version: Java(TM) SE Runtime Environment (8.0_11-b12) (build 1.8.0_11-b12)
# Java VM: Java HotSpot(TM) Client VM (25.11-b03 mixed mode linux-x86 )
# Problematic frame:
# C  [libsoup-2.4.so.1+0x5486d]  soup_session_feature_detach+0x1d
#
# Failed to write core dump. Core dumps have been disabled. To enable core dumping, try "ulimit -c unlimited" before starting Java again
#
# If you would like to submit a bug report, please visit:
#   http://bugreport.sun.com/bugreport/crash.jsp
# The crash happened outside the Java Virtual Machine in native code.
# See problematic frame for where to report the bug.
#


Setelah mencari cukup lama di hutan "maya", akhirnya sala seorang rekan di grup java programmer memberikan pencerahan dengan menujukan sebuah link yang membahas mengenai masalah yang sama dengan yang saya alami. Berikut link diberikan :

http://askubuntu.com/questions/396525/eclipse-crashing-on-startup

Dari situ kita bisa melihat bahwa ada pendapat yang mengatakan untuk mengupgrade versi eclipse ke yang lebih baru. Tapi ada pula pendapat yang hanya menambahkan sedikit baris konfigurasi ke file eclipse.ini dan config.ini, berikut baris konfigurasinya :

Tambahkan di akhir baris file eclipse.ini
-Dorg.eclipse.swt.browser.DefaultType=mozilla

Tambahkan di akhir baris file config.ini
org.eclipse.swt.browser.DefaultType=mozilla


Ingat, tanda minus Sembelum "Dorg...." harus di tulis. Untuk file config.ini berada di folder configuration yang ada di folder tempat anda menginstall eclipse atau tempat folder anda mengekstraknya.  Jika sudah jalankan ulang eclipsenya dan selamat mendevelop!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Error Pada Array

  Ketika saya baru mempelajari mengenai array , banyak error yang saya temui dalam penggunaannya. Selalu ada saja  pesan error yang di keluarkan oleh si Compiler mengenai penulisan kode program yang saya buat. Terutama ketika akan  memberikan nilai ke dalam Array atau saat hendak mencetak nilainya ke layar.   Karena itu pada artiketl yang kedua ini yang merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya kita akan membahas mengenai error yang terjadi saat mempergunakan Array, guna untuk menghilangkan jenuh pikiran para Programer muda yang masih terkendala dengan beberapa error yang sering terjadi.