Langsung ke konten utama

Libary Function Dalam File iostream

Oke, pertama-tama Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Dosen Saya yaitu master Yahya atas sarannya untuk membeli sebuah buku yang sangat menarik dalam mempelajari Algoritma C++. Anda juga bisa dengan mudah menemukan buku tersebut yang berjudul "Algoritma & Struktur Data 1 dengan C,C++, dan Java" karya Moh. Sjukani.


Salah satu materi yang ingin Saya bahas dari buku tersebut, adalah materi mengenai Library function dan Libary macroes yang ada dalam Bahasa C. Anda yang terbiasa mengetikan kode program dalam bahasa C  mungkin sering bertemu dengan baris kode "#include <iostream.h>" atau "#include <stdio.h>"

Kedua baris perintah tersebut adalah kode untuk melampirkan file header yang berisi fungsi-fungsi pustaka yang telah di sediakan oleh bahasa C/C++ untuk memudahkan pekerjaan Anda. Perhatikan contoh kode berikut!


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
   system("color 0a");
   system("PAUSE");
   return 0;
}

Pada contoh program C++ diatas, saya melampirkan file header "iostream". Didalam file tersebut terdapat berbagai fungsi-fungsi pustaka yang bisa Anda gunakan. Salah satu contoh fungsi yang Saya gunakan pada contoh di atas adalah fungsi system(). Fungsi ini bisa digunakan agar program Anda bisa memanggil perintah-perintah command prompt yang ada di windows. Tidak hanya itu, semua program berbasis command line interface juga bisa anda panggil dari program yang Anda buat. Pada contoh berikut, Saya akan memanggil program java beserta parameter "-version" untuk melihat versi java yang terinstall di komputer yang Saya gunakan.


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
   system("color 0a");
   system("java -version");
   system("PAUSE");
   return 0;
}









Kode program lainnya yang juga bergantung pada file "iostream" ini adalah kode "cout" yang biasa digunakan oleh para programmer untuk mencetak karakter pada layar monitor. Seperti berikut ini:



#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
   cout << "Satria Nusa Studios" << endl;
   system("PAUSE");
   return 0;
}


 










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Error Pada Array

  Ketika saya baru mempelajari mengenai array , banyak error yang saya temui dalam penggunaannya. Selalu ada saja  pesan error yang di keluarkan oleh si Compiler mengenai penulisan kode program yang saya buat. Terutama ketika akan  memberikan nilai ke dalam Array atau saat hendak mencetak nilainya ke layar.   Karena itu pada artiketl yang kedua ini yang merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya kita akan membahas mengenai error yang terjadi saat mempergunakan Array, guna untuk menghilangkan jenuh pikiran para Programer muda yang masih terkendala dengan beberapa error yang sering terjadi.