Langsung ke konten utama

Faith Your Goal



Iseng-iseng saya mengambil selembar kertas kemudian membentuknya menjadi sebuah perahu. Kebetulan sekolah menengah pertama Saya  itu memang terkenal dengan potensi banjirnya ketika musim hujan. Saya letakan perahu kertas itu di atas air yang menggenangi area sekolah agar ia bisa lekas memulai perjalanannya.

Perahunya memang melaju, tapi.. perahu itu hanya melaju mengikuti aliran air yang ada. Entah kemana perahu itu akan sampai Saya tidak tahu! Ya, perahu kertas ini memang tidak memiliki kuasa atas apa yang ia lakukan, kuasa atas jalur mana yang ia ingin lewati.

Pikirkanlah baik-baik, apakah selama ini Anda telah memiliki tujuan yang jelas dalam mengarungi aliran hidup ini? Atau Anda hanya mengikuti alirannya saja tanpa tahu akan sampai dimana? Pernah Anda merasakan bahwa hidup ini terasa begitu membosankan? Setiap apa yang Anda lakukan rasanya tidak ada yang menarik, tidak ada hal yang bisa membuat hidup ini menjadi lebih bergairah dan bersemangat. Setiap harinya hanya mengikuti aktifitas-aktifias yang biasa orang-orang jalani. Benar sekali! Hidup yang semacam itu seperti berlayar dengan perahu kertas!

Sialnya lagi, perahu kertas ini juga memiliki keterbatasan waktu, dan jika terlalu lama berada di atas air maka perlahan-lahan ia akan di tenggelamkan olehnya! Ya, Anda akan tenggelam seperti para korban dalam film Titanic. Karena itu penetapan tempat tujuan adalah hal utama yang di butuhkan jika Anda terpaksa berlayar dengan perahu kertas! Ada begitu banyak orang yang memiliki hal-hal besar yang ingin di wujudkan, tapi entah kenapa semua itu seolah-olah hanya menjadi vatamorgana. Impian yang seperti ikan lele, cepat timbul cepat pula menghilang.

Baik Anda maupun Saya tentu tidak menginginkan hidup yang seperti itu, nah untuk itu dalam artikel kali ini Saya akan membahas mengenai step by step yang bisa menjadi rujukan bagi Anda dalam membangun dan menyelesaikan sebuah gedung pencakar langit kesuksesan, yang tidak berakhir pada  pembangunan pondasinya saja lalu di kemudian di lupakan!



1. Target Yang Spesifik

Bicara mengenai target, apa Anda pernah mendapat pertanyaan seperti berikut ini!

“Apa yang menjadi target terbesarmu selama ini?”.

Coba Anda ingat-ingat jika sebelumnya ada seseorang yang menanyakan pertanya seperti di atas. Apa jawaban Anda? Menjadi Sukses, Kaya, atau Orang yang Berhasil! Ah, itu sih jawaban yang terlalu umum. Jika saya tambahkan beberapa pertanyaannya lagi seperti “Sukses dalam hal apa?”, “Berapa total Asset yang ingin Anda miliki?”, atau ”Keberhasil Apa yang ingin Anda raih?”. Emh .. Ummn .. Eeee ..

Kebanyakan orang tidak mampu menjawabnya pertanyaan tersebut bukan karena mereka bodoh, tapi karena mereka memang tidak pernah memikirkan hal-hal semacam  itu. Siapa sih yang tidak ingin menjadi orang yang kaya,sukses dan berhasil? Sudah barang tentu sebagian besar orang yang ada menjawabnya dengan jawaban Ya! Tapi, untuk meraih ketiga hal tersebut atau salah satunya saja bisa di lakukan dengan banyak hal.

Penetapan target yang lebih spesifik akan menuntun Anda untuk lebih fokus pada suatu pekerjaan yang erat kaitannya dengan target yang telah di tetapkan. Misal Anda ingin menjadi seorang sales hebat yang mampu menjual lusinan guci tiap harinya dan memilki omset penjualan hingga mencapa 100 juta/bulan. Tentu untuk melakukan hal tersebut maka Anda terlebih dahulu harus membangun kemampuan berbicara yang baik saat berhadapan dengan pelanggan. Asal tahu saja, terdapat banyak buku yang menceritakan kisah-kisah sukses para sales-sales terkenal yang bisa Anda temukan di internet ataupun toko buku yang ada di sekitar wilayah tempat Anda berada.


2. Motivasi Diri Anda

Membayangkan masa depan seindah mungkin adalah salah satu hal yang sangat memotivasi seseorang. Mendapatkan penghasilan ratusan juta, menjadi terkenal, di segani dan di hormati oleh orang-orang yang ada di sekitar Anda. Berawal dari itu kita menjadi terdorong untuk segera melakukan suatu “action” untuk mencapainya. Namun coba Anda perhatikan beberapa minggu setelahnya, semangat yang berapi-api di awal tiba-tiba meredup dan mulai mati di tiup angin. Apa yang salah? Atau adakah sesuatu yang terlewatkan? Well, Ada satu hal yang mungkin akan menarik bagi Anda yang akan saya sampaikan kali ini.

“Dapatkan kemenangan-kemenangan kecil!”

Benar, sebagai pemula tentu Anda tidak bisa langsung mengerjakan tugas-tugas besar yang akan membawa pada impian yang telah Anda targetkan. Seperti sosok seorang sales yang mampu menjual lusian guci yang telah kita bahas sebelumnya. Sebagai awal Anda tidak harus bisa melakukan hal itu, Anda bisa mengupayakan sehari minimal Anda bisa menjual 2 atau 3 buah guci. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat dan lebih percaya diri, yang kemudian perlahan-lahan Anda naikan rasio jumlah guci yang dapat Anda di jual di hari minggu berikutnya. Kemenangan-kemenangan kecil ini juga yang akan memperlihatkan atau mencerminkan kinerja Anda yang telah di lakukan dari awal hingga akhir.



3. Tentukan tenggat waktu & Konsekuensi

Menentukan tenggat waktu juga salah satu hal terpenting yang harus di pikirkan. Ingatkah ketika Anda masih berada pada masa-masa sekolah menengah atas? Coba perhatikan aktifitas teman-teman Anda pada hari-hari biasa yang tiba-tiba berubah drastis ketika telah mendekati waktu Ujian Nasional. Bukankah mereka menjadi lebih rajin belajar pada waktu-waktu tersebut.

Ya, memang lucu melihat pelajar-pelajar muda Indonesia yang seperti itu. Dan Saya adalah salah satu pelajar muda Indonesia yang seperti itu. Bagaimana dengan Anda? Ah, tidak perlu di jawab! Biar itu menjadi rahasia Anda saja, Saya tidak mau tahu dengan hal itu.  Saya bisa menyimpulkan 2 hal yang menjadi alasan dari perilaku para pelajar tersebut, pertama adalah waktu yang telah semakin dekat dengan tanggal mainnya, dan yang kedua adalah ketakutan yang di rasakan para pelajar jika mereka gagal dalam Ujian tersebut.

Dari contoh di atas Anda bisa melihat betapa berpengaruhnya tenggat waktu yang di tentukan dalam merubah perilaku seseorang dan akan lebih bagus lagi jika terdapat konsekuensi yang di peroleh jika Anda lalai dan melewati batas waktu yang telah ditentukan. Misalnya jika dalam waktu 2 minggu Anda tidak bisa menyelesaikan sebuah proposal yang diminta oleh Dosen Anda sebagai tugas akhir semester,  maka Anda berjannji akan mengunyah rumput yang tumbuh di taman sekitar kampus! (Ieeww…@$#%@$%).



4. Strategi untuk memecahkan suatu masalah

Dalam proses menuju bahtera kesuksesan Anda akan dijegat oleh berbagai macam permasalahan yang silih berganti. Tidak ada jalan pintas atau jalan tikus untuk melewatinya, yang ada hanyalah menggunkan apa yang ada di sekitar Anda untuk menghantam masalah tersebut(seperti apa yang di lakukan dalam film Mac Gyver).

Anda tahu atau pernah mendengar Microsoft Corporation? Keterlaluan jika ada orang yang tidak mengetahuinya! Perusahan software yang paling banyak digunakan oleh pengguna ini harus melewati banyak hal-hal sulit, Saya tidak akan membahas sejarah panjang bagaimana perusahaan yang satu ini bisa berdiri. Namun, suatu ketika terdapat 2 orang dari IBM yang datang menemui Bill Gates(Pendiri dari Microsoft Corporation)  untuk  membeli bahasa BASIC versi Microsoft.

Gates berani menawarkan produk yang akan di jual kepada IBM meski pada waktu itu Microsoft belum memiliki produk apapun(Suatu tindakan yang sangat berani!). Apa yang dilakukan selanjutnya oleh Microsoft adalah mendekati perusahaan Seatle Computer Products untum membeli sistem opersasi Q-DOS seharga 50.000 dolar yang kemudian ia modifikasi dan adaptasikan untuk kebutuhan IBM(Ide yang brilian). Q-DOS kemudian di ubah namanya menjadi MS-DOS  lalu di jual kepada IBM dengar harga 80.000 dolar dan mengalahkan 2 pesaingnya yaitu UCSD Pascal System dan Digital Equipment yang mematok harga lebih mahal dari harga yang di tawarkan oleh Microsoft.

Jika Anda ingin mengetahui mengenai sejarah perusahan-perusahaan besar yang ada saat ini Anda bisa mencari banyak referensi yang bertebaran di internet, karena tidak mungkin saya membahas semua itu hanya untuk menjelaskan mengenai strategi dalam memecahkan masalah. Cerita di atas hanyalah sebuah contoh bagaimana Microsoft bisa mendapatkan tiket emas dengan membeli Sistem Operasi dari perusahan lain yang kemudian membawa milyaran dolar  masuk ke brangkas mereka.



You Are Special !

Sebagai akhir dari artikel ini ada satu hal lagi yang ingin Saya sampaikan yang terinspirasi dari sebuah Film berjudul “Kungfu Panda”. Film animasi yang lucu dan penuh inspirasi ini merupakan salah satu film animasi favorit Saya. Di sekitar akhir episode dari film tersebut Po(Karakter utama berupa Panda gembul) kebingungan ketika mendapati bahwa perkamen naga(Gulungan yang di percaya dapat meberikan kekuatan besar kepada orang yang membaca rahasia di dalamnya) yang telah diberikan kepadanya tidak berisi apapun alias kosong! Ya, perkamen itu tidak lain hanyalah sebuah perkamen kosong.

Kemudian ia pulang dengan rasa kecewa kembali ke rumah Ayahnya yang merupakan seorang penjual Mie terkenal di lembah .. entah lembah apa namanya Saya sendiri sudah lupa nama lembah tersebut. Sup Mie yang  ia dan ayahnya jual terkenal enak karena memiliki bahan rahasia yang di turunkan dari generasi ke generasi. Kemudian sang Ayah memberi tahukan bahan rahasia dari Sup Mie yang di jual. Anda tahu apa bahan rahasianya?


The Secret Ingredient is…  NOTHING!


What?? Ya, benar sekali! Seperti yang tertulis di atas, bahan rahasianya adalah “tidak ada bahan rahasia”. Anda tidak memerlukan bumbu rahasia apapun. Untuk membuat sesuatu menjadi spesial, Anda hanya perlu menganggapnya spesial. Setiap dari Anda adalah seorang yang spesial jika Anda sendiri mempercayainya. Setiap apa yang Anda lakukan adalah sesuatu yang spesial jika Anda meyakininya sebagai sesuatu yang spesial.

So, Faith Your Goal.




Sumber Inspirasi :
-       -   Seta Wicaksana (http://www.humanikaconsulting.com)
-         - Yodhia Antariksa (http://strategimanajemen.net)
-        -  Kungfu Panda









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.