Langsung ke konten utama

Cloud Computing

Pertama mendengar cloud computing yang terbayang dalam fikiran saya adalah sebuah komputer yang berada di atas awan seperti komputer pada satelit gitu. Ternyata saya salah! Benar-benar gila perkembangan internet yang ada saat ini. Setelah saya merasa takjub dengan teknologi komunikasi yang bisa menghubungkan seseorang yang berada di belahan dunia lain dengan Internet atau teknologi perpustakan digital yang dapat di akses dari mana saja(Selama bisa terhubung ke Internet tentunya). Kini hadir lagi sebuah konsep beru bernama Cloud Computing yang mengacu pada ketersedian sumber daya komputasi melalui Internet.


Lho, bukankah sejak lama Internet memang bisa digunakan untuk berbagi sumber daya misalnya dengan menyediakan tempat untuk menyimpan dokumen atau file yang bisa di download nantinya jika suatu waktu dibutuhkan oleh pemiliknya. Oke, hal itu memang ada benarnya, namun Cloud Computing tidak hanya sebatas download atau upload dokumen dan file. Tetapi bisa juga digunakan untuk mengakses pelayanan yang di sediakan oleh server yang bersangkutan. Saya mengerti sampai disini Anda pasti mulai merasa bingung dengan konsep Cloud Computing ini.

Pernah mendengar atau menggunakan aplikasi bernama Adobe Photoshop? Jika Anda tidak pernah menggunakannya saya masih bisa mentolelir hal itu, tapi jika Anda tidak pernah mendengarnya maka itu sungguh ter.. la.. lu...! Anda tidak akan menemukan aplikasi Adobe Photoshop ini di windows,linux bahkan macintosh sekalipun jika memang Anda belum menginstallnya pada mesin yang Anda gunakan. Aplikasi ini sering di gunakan para Designer dalam membuah sebuah desain gambar atau manipulasi foto sehingga menghasilkan karya yang fantastis. Namun belakangan ini Adobe telah mengeluarkan versi terbaru photoshop yang bernama Photoshop CC(Creative Cloud) yang merupakan kelanjutan dari Photoshop CS6.

Apa bedanya dengan photoshop pada versi yang sebelumnya? Jujur, setiap kali adobe mengeluarkan versi terbaru dari photoshop saya tidak pernah mencari tahu keunggulan-keunggulan yang ada dari versi terdahulunya karena memang saya hanya menjalankan fungsi-fungsi umum yang biasa saya gunakan pada aplikasi ini. Namun untuk Photoshop CC ini ternyata begitu berbeda dari versi-versi yang terdahulu dikarenakan telah mengusung tema Cloud Computing. Maksudnya? Ya, seperti yang telah kita bahas sebelumnya mengenai Cloud Computing yang berarti Anda hanya bisa mengakses Photoshop CC ini secara Online! Anda tidak akan lagi menemukan versi terbaru dari photoshop CC yang bisa di install secara ofline. Tentunya Anda harus membayar kepada pihak Adobe jika ingin menggunakan Adobe Photoshop CC ini untuk digunakan dalam jangka panjang.

Itulah salah satu contoh menarik dari konsep Cloud Computing yang terjadi pada perusahan Adobe yang bahkan nantinya secara perlahan-lahan Adobe juga akan melakukan hal yang sama pada aplikasi buatan mereka lainnya yang masih berbasis offline.



Kelebihan Cloud Computing

Kelebihan dari Cloud Computing tentu terdapat pada konsep yang mengusung penggunaan sumberdaya yang ada secara bersama yang bisa di akses dari mana saja Anda berada. Bagi sebagian perusahaan cloud computing juga bisa menekan biaya pengeluaran yang di gunakan untuk membeli linsesi suatu program misalnya untuk dapat di gunakan dalam kegiatan operasional mereka. Mereka lebih suka menyewanya seperti halnya pada aplikasi Photoshop CC yang telah saya bahas. Bayang jika Anda membeli sebuah aplikasi yang mungkin saja membutuhkan perawatan dan pemeliharaan khusus oleh para profesional. Anda tidak bisa hanya menganggarkan biaya untuk membayar lisensi aplikasi tersebut, tapi Anda juga harus menganggarkan biaya untuk mebayar para pekerja profesional untuk merawat aplikasi tersebut.




Kekurangan Cloud Computing

Untuk kekurangan dari Cloud Computing ini sendiri Saya rasa Anda telah menyadarinya dari awal. Anda harus terhubung dengan Internet untuk dapat menikmati layanan yang mengusung konsep Cloud Computing. Lalu apa yang terjadi jika suatu waktu terjadi masalah pada jaringan Internet dikantor Anda bekerja? Anda bisa menebaknya, para pekerja menjadi tidak bisa mengakses layanan yang sehari-harinya mereka gunakan dalam mendukung operasional kerja sehingga perusahaan akan mengalami kerugian yang besar dan tentunya ini merupakan kabar yang sangat buruk bagi Anda yang kemungkinan besar tidak akan mendapat bonus pada bulan ini.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.