Langsung ke konten utama

Pengolah Informasi



            Dalam mata kuliah Management Informasi System(MIS) yang dijelaskan oleh Bapak Warsim(Dosen mata kuliah MIS IT Universitas Pancasila) terdapat suatu materi yang menarik di mana para mahasiswa diajarkan tentang bagaimana caranya mengolah informasi melalui beberapa tahap. Saya menyebutnya dengan 5C yaitu Capturing, Conveying, Creating, Cradling dan Communicating.

            Kelima proses tersebut menggunakan teknologi masing-masing yang berbeda satu sama lain ada yang menggunakan teknologi untuk Input, Output, Processing, Storage, dan Telecomunication. Berikut Saya paparkan penjelasan lebih lanjut dengan 5C.

1. Capturing Information

            Ini merupakan tahap pengambilan informasi yang kemudian akan di masukan kedalam suatu sistem komputer dengan menggunakan IT Tools berupa : Keyboard, Mouse, Voice Input, Optical Scanner, Touch Screen, Bar Code dan lain-lain. Contoh informasi yang di masukan kedalam sistem komputer bisa berupa transaksi sebuah perusahaan selama 1 bulan.

2. Conveying Information

            Pada tahap ini informasi yang telah di ambil dan dimasukan kedalam sistem komputer akan dipresentasikan atau di tampilkan ke dalam bentuk yang umum digunakan dengan bantuaan IT Tools berupa : Video Monitor, Printer, Plotter, Voice Input, dan lain-lain.

3. Creating Information

            Tujuan dari tahap yang kedua adalah untuk memudahkan para pengelola informasi dalam tahap ketiga yaitu Memproses informasi menjadi informasi yang baru. Misalnya saja dari transaksi per bulan pada suatu perusahaan yang telah di proses pada tahap pertama dan di tampilkan pada tahap kedua yang selanjutnya di proses menjadi informasi baru berupa laporan keungan, laporan laba-rugi, neraca dan lainnya pada tahap ketiga ini. IT Tools yang digunakan berupa : CPU dan RAM.

4. Cradling Information

            Tentu Anda tidak akan suka jika informasi baru yang di hasilkan dengan melalui beberapa tahap serta membutuhkan waktu yang tidak sedikit tiba-tiba hilang atau rusak karena suatu perkara. Untuk itu tahap ke 4 merupakan tahap di mana Anda menyimpan informasi untuk di gunakan di kemudian hari, bisa menggunakan IT Tools berupa : Hardisk, CD-ROM, DVD, USB Flashdisk, dan lainnya.

5. Communicating Information

            Setelah melewati seluruh tahap di atas kini Anda bisa menyampaikan informasi ke lain orang / lain lokasi, karena saya yakin sebagian besar dari Anda yang mau melakukan beberapa tahap merepotkan di atas karena memang ingin menyampaikan hasilnya ke pada pihak-pihak tertentu. Berikut beberapa teknologi telekomunikasi yang dapat digunakan : Modem, Satelite, digital paper dan lainnya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.