Langsung ke konten utama

Proses Routing


  Routing merupakan suatu aktivitas yang di lakukan oleh router dalam hal pemilihan jalur terbaik(best path) dalam mengirim atau menyampaikan paket data dari komputer sumber ke komputer tujuan yang berada pada jaringan yang berbeda. Komputer yang terhubung ke internet sebenarnya sudah melakukan aktifitas routing ini, dimana paket data dari jaringan Anda berpindah ke jaringan ISP Anda lalu berpindah ke jaringan server yang di akses. Di tempat saya bekerja, pegawai IT di sana memecah jaringan menjadi 2 namun dengan menggunakan satu switch. Jaringan pertama dengan network 192.168.100.0/24 di pakai oleh komputer yang bisa mengakses internet, sedangkan network 172.18.19.0/24 di pakai hanya untuk sharing data.

  Sebelum Saya mengetahui hal ini, saya agak kebingunngan untuk mensetting komputer saya agar dapat mengakses internet seperti komputer Pak Bos. Setelah saya melihat informasi mengenai IP Address Komputer yang bisa mengakses internet, ternyata Komputer tersebut memiliki lebih dari satu IP Address, ini berarti PC tersebut menggunakan 2 NIC!

  IP Address yang pertama tentu saja untuk mengakses internet, sedangkan yang kedua untuk mengakses reource yang ada di server atau mengakses printer yang terhubung pada komputer yang lain. Host dengan network address berbeda tidak bisa terhubung langsung begitu saja jika menggunakan switch/hub. Ketika saya menggunakan perintah 'ping' untuk mengetes konseksi saya mendapatkan pesan "Request Time Out", atau dengan kata lain koneksi telah gagal!

  Lalu apa langkah selanjutnya? Sayapun berfikir dan mencoba merubah alamat IP addres dengan network 192.168.100.0/24, selain itu saya juga merubah setingan group menjadi "WORKGROUP" sama dengan setingan pada PC Pak Bos. Dan ternyata saya berhasil.. Kini saya tidak bisa mengakses Internet sepuasnya, namun sayangnya saya menjadi tidak bisa mengakses resource pada server, ataupun menggunakan printer lain dalam jaringan karena IP Address yang di gunakan tidak di kenal.

  Jadi, apa inti dari semua pembahasan ini? Intinya komunikasi antar host yang menggunakan network address yang berbeda tidak bisa terjadi dengan perlengkapan macam switch atau hub. Jika ingin melakukan routing maka gunakanlah peralatan berupa Router.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.