Langsung ke konten utama

Kumpulan Baris Perintah Versi.2


1.) date

          Gunakan perintah ini jika Anda ingin mengganti settingan tanggal pada komputer yang digunakan. Jujur saya sendiri lebih suka menggunakan cara ini dari pada dengan GUI. Penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menginputkan tanggal-bulan-tahun dalam bentuk desimal. Walaupun terkadang ada juga komputer yang formatnya agak terbalik seperti bulan-tanggal-tahun untuk mengatasi hal ini Anda tidak perlu pusing karena perintah date ini akan mengeluarkan format tanggal yang di gunakan oleh komputer Anda biasanya berupa singkatan seperti berikut ini:

-Enter the new date: (mm-dd-yy)
-Enter the new date: (dd-mm-yy)



2.) del

          Del yang merupakan kepanjangan dari delete berguna untuk mengahapus file-file yang Anda anggap sudah tidak di perlukan lagi. Perintah ini tidak bisa di gunakan untuk menghapus direktori, jika Anda tetap memaksa melakukannya, maka semua file yang ada pada direktori targetlah yang akan di hapus. Misal Anda ingin menggunakan perintah "del" untuk menghapus folder bernama "Music" yang berisikan musik-musik yang jadul membahana. Maka yang akan terjadi adalah semua file musik yang ada di dalamnyalah yang akan di hapus! Beriku contoh penggunaan perintah del:

C:\>del file.txt
C:\>del C:\WINDOWS\file.vbs
C:\>del WINDOWS\file.vbs


3.) dir

          Digunakan untuk melihat file dan folder apa saja yang terdapat pada active directory. Penggunaan perintah dir tanpa menggunakan parameter /A, akan mengakibatkan file maupun folder yang beratribut hidden tidak di tampilkan. Karena itu gunakan parameter /A ini agar semua file yang tersembunyi(hidden) dapat di tampilkan.

4.) echo

          Berguna untuk menampilkan teks, numerik dan lainnya pada layar. Bisa juga di gunakan untuk menginputkan data ke dalam suatu file seperti file (.txt) (.doc) (.xls) dan lainnya.

echo "Hari yang Buruk !!"             /*Menampilkan teks ke layar*/
echo Data rahasia !! >> file.txt      /*Menambahkan teks ke dalam file bernama file.txt*/
echo Data Microsoft Word >> file.doc  /*Menambahkan teks ke dalam file bernama file.doc*/
echo Data haram > file.txt            /*Meniban data sebelumnya dengan data baru*/

5.) type

          Perintah ini dapat di gunakan untuk membaca isi suatu file, tentu saja file yang di maksud adalah file yang berisi data teks,angka dan beberapa karakter lainnya.


C:\>type file.xtx


6.) more

          Mirip dengan perintah type, perintah ini juga memiliki kemampuan membaca isi suatu file. Hanya saja perintah more memiliki beberapa parameter lain yang dapat di gunakan, untuk lebih jelasanya jalankan perintah berikut:

more /?              /*Menampilkan parameter yang dapat di gunakan*/
more /C file.txt   /*Membaca isi file dengan meng-clear layar terlebih dahulu*/


7.) exit

          Digunakan untuk keluar dari program! Itu saja, tidak ada penjelasan lainnya. Saya yakin Anda sudah mengerti.

8.) findstr

          Gunakan perintah ini ketika Anda sedang ingin mencari baris yang mengandung sebuah karakter atau bahkan string pada suatu file.

find "nama" file.txt
find "human life" file.txt


9.) hostname

          Hostname di gunakan untuk mencari tahu nama komputer yang sedang Anda gunakan

10.) Mkdir

          Untuk membuat direktori atau folder baru, perintah ini tidak memiliki parameter-parameter tertentu sepert beberapa perintah lainnya yang telah Saya jelaskan.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Rigidbody Pada Unity 3D

     Rigidbody adalah sebuah fitur pada Unity 3D yang mampu memberikan efek gravitasi pada suata objek.    Sebagai contoh sebuah bola yang di letakan pada kordinat Y yang lebih tinggi dari objek Terain, maka dengan rigibody ini bola akan jatuh menimpa train.