Langsung ke konten utama

Mengenal Bitcoin

Pertamakali dipublikasikan tahun 2009 oleh seorang ahli matematika genius bernama “Satoshi Nakamoto” sebagai skema jaringan keuangan yang menggunakan public dan private key. Seorang misterius yang dalam versi samarannya merupakan pria berumur 37 tahun yang hidup di jepang. Kenapa dikatakan misterius? Karena tidak ada yang tahu siapa sebenarnya ahli matematika yang jenius ini.


Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan oleh perusahaan bernama “Fast Company” membawa kita pada dugaan orang-orang dibalik “Satoshi Nakamoto”. Pada tanggal 15 Agustus 2008 terdapat 3 orang bernama Neal King, Vladimir Oksman dan Charles Bry yang melakukan pendaftaran paten mengenai sistem enkripsi yang memiliki cara kerja yang mirip dengan Bitcoin. Tidak hanya itu, pendaftaran domain “bitcoin.org” 1 jam setelah pendaftaran paten oleh ke-3 orang tersebut.

Bitcoin yang juga disebut sebagai “Emas Digital” karena beberapa persamaan yang dimiliki oleh emas asli (Loga mulia yang terbatas). Seperti jumlah bitcoin yang terbatas, media investasi karena harganya yang terus naik, bisa ditukarkan ke mata uang kertas setempat, banyak digunakan untuk trading, merupakan “Irreversible Transaction” atau transaksi yang tidak bisa dibatalkan bila sudah diserahkan.

Berdasarkan beberapa kesamaan tersebut tidak heran para supperter Bitcoin menyebtnya sebagai “Emas Digital”. Negara biasa mencetak uang kertas dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan balanja masyarakat dan peredaran Negara.

Tidak jauh berbeda dengan uang kertas yang dicetak, bitcoinpun di hasilkan setiap 10 menit untuk memenuhi peredaran dan permintaan bitcoin. Namun jumlah yang di hasilkan semakin lama akan semakin berkurang.


Sejak awal pembuatanya di tahun 2009 jumlah bitcoin yang dihasilkan adalah sebanyak 50 BTC/10 Menit dan jumlahnya akan berkurang setengan tiap 4 tahun. Karena itu sejak awal 2013 jumlah bitcoin yang dihasilkan hanya mencapai 25 BTC tiap 10 Menit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Transaksi Pada Accurate

          Anda dan Saya adalah manusia biasa, jika Anda adalah orang yang normal tentu Anda pernah melakukan kesalahan, misal kesalahan penginputan transaksi-transaksi pada Sistem Accounting macam Accurate, jika tidak! maka status Anda sebagai seorang manusia haruslah di pertanyakanan! Namun, tentu saja Pak Bos/Ibu Bos tidak akan perduli dengan alasan apapun yang Anda gunakan untuk menjelaskan penyebab atas kesalahan tersebut, yang penting "Laporan tahun ini menunjukan bahwa perusahaan memperoleh Laba".

Melihat History Akun Pada Accurate

          History Account merupakan kemampuan Software Accounting Accurate yang dapat di gunakan untuk melihat Riwayat suatu Akun berdasarkan transaksi yang telah di input. Misal pada akun penjualan, jika anda menginputkan beberapa transaksi penjualan dengan tanggal yang berbeda. Maka dengan Bantuan History, anda dapat melihat jelas semua transaksi yang berkaitan atau berefek perubahan pada akun penjualan tersebut.

Error Pada Array

  Ketika saya baru mempelajari mengenai array , banyak error yang saya temui dalam penggunaannya. Selalu ada saja  pesan error yang di keluarkan oleh si Compiler mengenai penulisan kode program yang saya buat. Terutama ketika akan  memberikan nilai ke dalam Array atau saat hendak mencetak nilainya ke layar.   Karena itu pada artiketl yang kedua ini yang merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya kita akan membahas mengenai error yang terjadi saat mempergunakan Array, guna untuk menghilangkan jenuh pikiran para Programer muda yang masih terkendala dengan beberapa error yang sering terjadi.